Monday, January 5, 2015

Kegiatan berkebun di Piknik ASIk bersama Makassar Berkebun

sumber foto : http://www.bosowainternationalschool.sch.id/sekolahalambis/
Kegiatan seru berkebun untuk anak-anak adalah salah satu kegiatan di acara Piknik ASIk sekeluarga ASIvaganza4. Berkebun untuk anak-anak merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat.
Akan dipandu oleh kakak dari Makassar berkebun.

kegiatan berkebun menginspirasi anak-anak mengembangkan hubungan yang sehat antara manusia dengan lingkungannya. Bekerja di kebun akan mengembangkan pikiran dan tubuh mereka melalui aktivitas fisik, berkebun akan mengekspos mereka untuk melihat keajaiban alam, dan akan memberikan kesempatan pada anak-anak untuk bermain kreatif dan spontan.

Berkebun mendorong pengembangan kebiasaan dan sikap mencintai lingkungan seumur hidup yang dapat menyebabkan menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Dengan menghabiskan waktu di taman, anak-anak akan mendapatkan pengalaman untuk belajar tentang dari mana makanan berasal dan belajar tentang siklus alam. Berkebun mendorong anak-anak untuk berhubungan dengan diri mereka sendiri dan lingkungan alam. Kegiatan berkebun memungkinkan mereka mendapatkan pengalaman penuh dengan dunia di sekitar mereka, serta belajar tentang bagaimana tanaman tumbuh dan berkembang dapat mempengaruhi mereka dan masa depan mereka.
- See more at: http://mendidikanakanak.blogspot.com/2014/06/mengajari-anak-mengenal-alam-melalui.html#sthash.YHIwngvM.dpuf

Manfaat Berkebun bagi anak-anak
Berkebun adalah sarana yang sangat baik untuk mengasah kepekaan dan kecintaan anak terhadap lingkungan hidup, karena ia akan mengamati secara langsung cara kerja alam. Beberapa manfaat berkebun bagi anak-anak yaitu:
  1. Ilmu/Sains; misalnya, anak diminta  melakukan  eksplorasi  dan  pengamatan melalui praktik menanam biji-bijian. Dalam penanaman, anak-anak diajarkan secara tidak langsung keajaiban ilmu pengetahuan seperti siklus hidup tanaman dan intervensi manusia dalam upaya pemeliharaannya. Ini merupakan pengalaman baru dan menyenangkan untuk anak-anak.
  2. Kehidupan; menanam benih dan melihat benih tumbuh adalah salah satu hal yang memberikan manfaat besar bagi kehidupan, terutama jika yang ditanam adalah tumbuhan yang bisa dimakan, selain lebih sehat juga akan memberikan kepuasan tersendiri bagi jiwa.
  3. Panca indera; Berkebun menjadi kesempatan untuk mengembangkan indera anak. Indera penglihatan dengan memperhatikan dan melihat berbagai warna dan bentuk tanaman.
  4. Perkembangan motorik; Banyak kegiatan di kebun yang dapat dilakukan untuk membantu perkembangan motoriknya. Misalnya, ketika anak memetik buah atau bunga, dan mengumpulkan daun kering, maka ini merupakan rangsangan baginya untuk menggerakkan jari dan tangannya serta kakinya yang akan membantu perkembangan motoriknya.
  5. Relaksasi; Studi menunjukkan bahwa berkebun dapat mengurangi stres karena efek menenangkan. Hal ini berlaku untuk semua kelompok umur. Di kutip dari Bulletin( Dewi Gustini)

Kirim data :
Nama Ortu :
Nama Anak/Usia :
1.
2.
dst.
Alamat :
No. Hp :
Tiket Rp. 50.000 per anak  (anak bisa mengikuti semua kegiatan, *harga tiket tidak termasuk acara seminar parenting)

catatan:
membawa pakaian ganti anak
membawa penutup kepala untuk anak

No comments:

Post a Comment

bip...bip...bip...